5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja

5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja - Hallo sahabat gambar, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja
link : 5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja

Baca juga


5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja

Melamar pekerjaan adalah hal yang biasa dilakukan oleh setiap pelajar atau mahasiswa setelah mereka lulus sekolah.

Bagi mereka yang akan terjun di dunia kerja tentu akan melewati fase interview kerja terlebih dahulu.

Ada sebagian orang yang kebingungan dan deg-deg an memikirkan gimana nanti waktu interview kerja? saya harus jawab apa? gimana kalau salah? bagaimana cara meyakinkan HRD? dll

Berikut ini saya kasih tips mengatasi masalah itu semua yang saya kutip dari sebuah thread twitter yang dibuat oleh @angga_fzn.

Interview kerja
sumber gambar: pixabay.com

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

Sebenarnya pertanyaan interview secara garis besar hampir sama semua. Sehingga kita bisa mempersiapkan strategi untuk mengatasinya agar tidak salah ucap.

1. Perkenalkan diri 

Pertanyaan sejuta umat. Menjadi pertanyaan pembuka tapi suka dianggap sepele. Padahal disinilah impresi pertama terjadi.

Jadi:

  • Jangan (cuma) jelasin identitas (lengkap) yang sebenarnya sudah bisa dibaca di CV.
  • Highlight background studi, minat dan pengalaman penting.
  • Jahit semua ke posisi yang dilamar.

Esensi dari pertanyaan ini bukan (sekadar) tau latar belakang umum kita (apalagi identitas seperti TTL, BB, TB, dkk).

Tapi, pengen tau korelasi latar belakang kita dengan posisi yang kita lamar. Jadi highlight intinya saja.

Dan jangan lupa salam dan bilang terimakasih terlebih dahulu sebelum mulai.

Contoh:

"Halo X, salam kenal. Terimakasih sudah diberi kesempatan. Saya X, lulus s1 dari kampus X jurusan X pada tahun X. Semasa kuliah, saya pernah magang di X sebagai X. Lantas, mengerjakan project X dari X. Saya sendiri punya minat di bidang X karena X. terimakasih."

2. Kenapa tertarik apply

Hati-hati dengan jawaban yang ngawang. Disini perlu hati-hati supaya gak dangkal. Jadi manusia yang punya nilai dan minat.

Caranya?

  • Bisa jawab karena value/visi perusahaan relevan sama kita. Misal, dari dulu kamu tertarik banget di pendidikan makannya mau gabung edtech.

Alternatif?

Bisa jawab karena kamu tertarik sama core businessnya, atau merasa pengetahuan kamu bakal bisa banget diterapkan/dilatih di sana.

Misal, kamu anak marketing dan tertarik untuk handle marketing untuk mass-audience seperti ecommerce yang punya jutaan pengguna.

# Jangan menjelekkan perusahaan lain

# Jangan bilang cuma karena gajinya bagus

# Jangan bilang karena cuma nemu itu di linkedin

Coba cari yang lebih kuat dari sisi value/passion/skill kamu & terkait (apalagi bermanfaat) dengan perusahaan. Ini untuk memastikan apakah value kalian sama?

3. Tahu apa tentang perusahaan & posisi yang dilamar

Ini penting untuk dipahami:

  • Core business perusahaan
  • Produk/jasanya
  • Segmen penggunanya
  • Model bisnisnya
  • Kompetitornya

kemudian terkait posisi:

  • Apa saja kerjaannya
  • Apa skill yang diperlukan
  • Keterkaitan dengan minat/skill

Cari taunya gimana?

Pertama, buka web & sosial media perusahaan. Cek semuanya biar makin paham mereka ngapain aja.

Kedua, terkait posisi, bisa cek referensi pegawai-pegawai disitu dengan posisi yang serupa kamu lamar, itu skillnya dan kerjaannya ngapain aja.

Baca juga deskripsi open vacancy nya.

4. Kenapa layak

Tidak ada jawaban terbaik selain cerita soal pengalaman terbaik, terkait dengan posisi yang kamu lamar.

Misal, pernah handle X selama X bulan dan mendapatkan hasil X dengan kondisi X.

Makanya penting untuk apply di bidang yang punya relevansi.

Kalau belum punya pengalaman gimana?

Seenggaknya jelasin kamu punya kapabilitas untuk mengerjakan hal tersebut dan punya kemampuan untuk belajar/adaptasi.

Misal, kamu pernah belajar X, ikut workshop X, punya minat X.

5. Ekspektasi gaji

Pertama, sebisa mungkin riset. Ada beberapa situs seperti berikut ini:

Yang jelas, kalau kamu fulltime seenggaknya harus memenuhi UMR. Alias, biaya dasar: kos + makan + transport + darurat.


Dan seperti itulah tips menjawab pertanyaan saat interview kerja.

Atau kamu bisa membaca thread twitter nya langsung disini https://twitter.com/angga_fzn/status/1394996754228019204

Semoga lancar ya guys.. terima kasih sudah berkunjung



Demikianlah Artikel 5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja

Sekianlah artikel 5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja dengan alamat link https://gambarwalpeper.blogspot.com/2021/07/5-tips-jitu-menjawab-pertanyaan-paling.html

0 Response to "5 Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Paling Sering Waktu Interview Kerja"

Posting Komentar